Sabtu, 07 November 2009

Ali Holiday

Teks: Emal
Foto: Ali and friends


Bersimpuh Rukkeleng Mpoba:
“….Alangkah baiknya Tuanku menurunkan seorang keturunan, untuk menjelma di muka bumi. Agar dunia tak lagi kosong melompong, dan terang benderang paras dunia. Engkau bukanlah Dewata selama tak satu manusia pun di kolong langit, di permukaan pertiwi, menegaskan Sri Paduka sebagai Batara”. (Penggalan naskah La Galigo, mitologi Bugis).

Diyakini, lokasi tempat Batara Guru menginjakkan kaki pertama kali di bumi terletak di Luwu sekarang ini. Bagi masyarakat Luwu, ikon Batara Guru sebagai manusia pertama dipercaya merupakan sosok pemimpin utama di Tana Luwu. Posisi peran sentralnya itu kemudian mengalirkan nilai-nilai luhur, falsafah hidup, dan wawasan kearifan. Termasuk bagaimana masyarakat Luwu memelihara kelestaraian alamnya. Dan Soroako, adalah satu titik kecil di Tana Luwu yang juga memiliki keindahan alam di sekitarnya.
Tidak banyak orang mengenal Soroako. Mengenal Soroako, tidak banyak orang tahu di mana Soroako. Soroako memang tidak segemerlap Kuta, Jogja, atau Samosir. Soroako juga tidak sementereng Tana Toraja, Kutai Kartanegara, atau Banda Naira sekalipun. Tapi tidak bagi para pelaku industri tambang, fotografer, dan pencinta diving.
Soroako terletak di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Kota kecil yang baru saja naik pangkat dari sebuah desa ini terletak sekitar 600 kilometer di Utara kota Makassar. Kalau ingin mencari di peta, cari saja danau Matano. Secara geografis, Soroako memang terletak di bibir danau terbesar kedua di Sulsel tersebut. Ditambah keberadannya di lereng pegunungan Verbeek, menjadikan Soroako kota kecil yang indah dan berlimpah akan nikel.
Tidak bisa dipungkiri, sejak kedatangan PT INCO yang mengeksplorasi nikel di Pegunungan Verbeek, Soroako tidak hanya menjadi lebih dikenal. Soraoko juga menjadi lebih ramai, lebih hidup, dan tentu saja lebih sejahtera. Keindahannya menyulut para fotografrer untuk datang. Keramahannya mengundang banyak artis untuk singgah. Dan Soroako pun menjadi lebih di kenal.
Keberadaan industri tak membuat Soroako berubah secara culture maupun nature. Jika beruntung, pada saat tertentu kita dapat menyaksikan Meopudi, sebuah upacara menangkap ikan Opudi di danau Matano atau pesta panen Padungku. Keduanya adalah pesta adat yang masih bertahan hingga kini.

Secara alam, tentu saja Soroako memiliki danau Matano. Danau berusia sekitar empat juta tahun ini memiliki kedalaman 594 meter. Membuatnya menjadi danau terdalam di Asia Tenggara dan nomor delapan di dunia. Fakta lainnya, dengan ketinggian permukaan 385 mdpl, berarti dasar danau berada 200 meter di bawah permukaan laut. Bentukan alam yang langka bukan. Memiliki ikan-ikan endemis serta bebeberapa flora fauna yang menjadi ciri khas Sulawesi, membuat sejumlah pakar ekologi merekomendasikan Danau Matano menjadi salah satu world heritage dan biodiversity hotspot yang harus dijaga kelestariannya.


Meski tidak begitu jelas menunjukkan bagaimana keindahan Soroako, semoga foto-foto ini cukup menggugah untuk menjadikan Soroako destinasi selanjutnya. Kalo saya, PASTI! InsyaAllah.


Aktivitas liburan di danau Matano........










Jalan-jalan di lapangan golf......ehmm asyik juga







Menyempatkan diri ke Sulawesi Tenggara




Bersama teman-teman se-Soroako yang telah menyebar, kuliah di mana-mana. Begini nih kalo ngumpul lagi.

Bubur Manado ini sepertinya enak juga.....!??




Ali: Seorang mahasiswa Teknik Sipil ITS yang gemar traveling. Pemuda single (beneran ya jomblo?) ini tinggal di Soroako sejak kecil. Kegemaran lain dari pengikut faham narsisme ini adalah fotografi. Meski pemula dan tidak tahu apa-apa tentang dunia digital, hasil jepretannya tidak kalah dengan fotografer profesional. Kedua hobinya tersebut telah membuatnya banyak menapakkan kaki di banyak tempat di Jawa Timur dan sekitarnya. Oh iya, nama lengkapnya Zadly Andi Pangnguriseng, tanpa kesalahan dan kelebihan penulisan huruf.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

MAT ULTAH UTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

Zayn Zesha mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
lutfiana mengatakan...

Allyy....
gila2an nih kamu ly. asik banget jjs nya..
yelah kapan2 aku kesana..

Unknown mengatakan...

q tggu pi!!!