Sabtu, 11 Oktober 2008

Makam itu......(Sisi Lain Keputih 2)

Keputih…………….

Saat orang menyebutnya pasti akan terbayang sebuah makam. Kumpulan gumpulan tanah yang berjejer rapi dan membentuk saf-saf. Terletak dalam blok-blok tertentu dengan jumlah yang telah ditentukan. Setiap saat bisa saja gumpalan itu bertambah. Gundukan bertambah. Jumlah saf semakin banyak. Blok-blok kosong pun akan terisi suatu saat nanti. Yahhh…inilah kuburan. Atau lebih mudah dibilang makam. Makam Keputih yang terkenal seantero Surabaya. Karena inilah Tempat Pemakaman Umum di Surabaya. Saat ini dan yang utama! Wajar jika Keputih disebut, maka akan teringat akan makam. Selain tempat cangkru’an abadinya anak ITS tentunya.

Sejak lama, Keputih sepertinya tak bisa lepas dari anggapan daerah buangan. Atau mungkin sengaja dijadikan daerah bungan. Bagaimana tidak……..berbagai macam sampah ada di Keputih. Mulai dari Makam Keputih, tempat sampah bagi jasad-jasad yang tidak berguna lagi. Dulu kala, Keputih pernah pula dijadikan Tempat Pembungan Akhir sampah-sampah (arti sebenarnya) Surabaya. Di belakang bekas TPA, akan didapati tempat pengolahan tinja, sampah manusia. Di depan makam, berdiri pusat rehabilitasi sosial, tempat para gelandangan, pengemis, dan orang yang tanpa status (gak jelas) di Surabaya alias sampah kota. Belum lagi isu rencana pemindahan pusat prostitusi Dolly ke Keputih, bertambahlah predikat Keputih menjadi penampung sampah masyarakat.

Ohhh Keputih……………

Malang benar nasibmu. Meski begitu justru pengabdianmu yang yang paling besar dari yang lainnya. Tanpamu, akan kemana sampah-sampah Surabaya itu. Itulah keistimewaanmu. Bahkan dari makam saja, kau berikan sesuatu yang luar biasa. Sebuah sisi lain yang menarik dari Surabaya dan dari Keputih.

rapi

Satu hal yang kau ajarkan wahai makam. Ternyata manusia akan lebih mudah diatur saat dia telah mati.


"aku dulu pejuang, loh.."


GiBol banget


palsu, tapi bunga yang yahuuuudd

manis bukan......



tulisan dan foto : zayn zesha

1 komentar:

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.